Saturday, December 11, 2010

Mengapa harga emas akan terus naik ? (bag.1)


Mengapa emas akan terus naik ? (bag.1)

Kita yang pernah mengenyam bangku pendidikan SMA, pastilah pernah belajar salah satu teori ekonomi “ Supply and Demand”. Dimana jika suatu barang yang tadinya tercukupi oleh produksinya, dan kemudian barang tersebut menjadi berkurang produksinya, maka otomatis harga barang tersebut akan naik harganya. Dan juga semakin langka barang, akan semakin tinggi nilainya.

Berikut saya sampikan grafik produksi emas dalam 10 tahun terakhir, yang terlihat dengan sangat jelas penurunan produksinya. 



Perhatikan grafik berwarna merah, pada tahun 2000 rata-rata produksi emas dunia mencapai 2600ton, dan 10 tahun kemudian berkurang sekitar 300ton. Menjadi hanya 2300ton saja. Kemudian perhatikanlah garis berwarna biru, harga emas dunia melonjak dari 300dolar di tahun menjadi hampir 1400 dolar di tahun  2010.

Produksi emas Dunia menurun, karena semakin terbatasnya tambang-tambang baru, dan juga tingkat kesulitan menambang juga semakin besar. Coba kalau kita lihat penambangan Freeport di papua, lobang galiannya sudah” amat sangat dalam banget”. ………. . Hal ini juga menyebabkan biaya penambangan juga meningkat. 

Dari analisa Supply and Demand,  Rata-rata  produksi emas turun 1% setiap tahun, hal inilah sebagai salah satu penyebab kenapa emas terus naik harganya, namun coba perhatikan kenaikannya wow… fantastic. 17,7%/tahun. Kenapa gap-nya begitu besar ?. penurunan produksi emas hanya 1%/tahun sedangkan harga emas naiknya 17,7%/tahun ?. InsyaAllah akan saya sampaikan pada tulisan mendatan. baca juga mengenai perampok yang tersembunyi,

No comments:

Post a Comment